Kamis, 18 Maret 2010

10 item sidebar paling populer



sidebar blog
salah satu peran penting sebuah blog adalah sidebar...anda bisa mengisi apapun di yang anda suka di blog anda. dari pengamatan pribadi saya tentang blog yang selama ini saya kunjungi dan temukan, ada beberapa sidebar populer yang paling banyak digunakan.


pada posting ini saya akan coba untuk menuliskan 10 sidebar paling populer sering dipake oleh para blogger. ini juga bisa menjadi alternatif atau referensi buat anda untuk menambahkan beberapa widget sidebar yang cukup populer. selain itu juga dapat membantu untuk seo blog anda.

berikut ini daftarnya sidebar populer versi saya :

1. about me atau profil
sidebar ini adalah tempat yang tepat untuk menetapkan siapa diri anda, sehingga pengunjung akan segera memahami tingkat keahlian anda atau minat dalam topik blog anda. anda dapat menambahkannya memlalui widget profil dan memberikan sedikit informasi tentang diri anda. saran saya tambahkanlah foto anda hal ini juga akan meningkatkan kredibilitas anda sebagai blogger. tapi banyak bloger pemula yang masih malu menmpilkannya.

2. blogroll
salah satu sidebar yang paling penting adalah blogroll atau daftar blog, jika anda mempunyai lebih dari satu blog. blogroll anda membantu untuk mempromosikan blog anda melalui jaringan dengan blogger yang berpikiran sama. ini juga anda bisa modifikasi sebagai daftar blog teman-teman anda, atau mungkin anda mempunyai blog / website bisnis.

3. blog archive atau arsip blog
blog archive atau arsip blog adalah tempat untuk meletakkan daftar dari artikel anda biasanya tersusun secara rapi berdasarkan tanggal. dengan adanya widget ini akan memudahkan para pengunjung anda menavigasi blog. ini juga dapat membantu mesin pencari menelusuri blog anda dan diharapkan lebih cepat di kenal oleh om google.

4. chat widget
chat widget adalah tempat berinteraksi antar pembaca blog atau pembaca dengan pemilik blog. chat ini memiliki peran penting di samping untuk meningkatkan komunikasi dengan pembaca juga memberikan indikasi dari pengunjung blog. walaupun semua pengujung blog anda tidak selalu meningkalkan pesan di sidebar chat widget ini, tapi paling tidak bisa membantu anda melihat pengunjung blog. salah satu chat widget yang paling bayak di gunakkan adalah dari ShoutMix.com.

5. receny post / artikel terbaru
recent post atau artikel terbaru adalah daftar dari posting-posting terbaru blog anda. anda bisa menampilkan beberapa post terbaru anda sesuai dengan keinginan anda si sidebar ini.

6. label / katagori
kelompokkan artikel anda dalam sebuah label atau katagori berdasarkan topik yang anda bahas. dengan sidebar ini akan memudahkan pembaca anda tentang isi dari blog, dan pembahasan yang anda tulis. selain itu juga memudahkan pembaca untuk menemukan artikel lama anda.

7. iklan /advertiser
sidebar anda dapat menyimpan banyak iklan seperti Google AdSense, Amazon Associate iklan, iklan banner dan banyak lagi. blog anda juga akan tampak lebih indah jika anda menampilkan banner-banner iklan. jangan terlalu menjejali sidebar anda dengan iklan karena tawaran pengasilan yang menjanjikan. karena ada beberapa teman blog yang di banned karena overload.

8. pop up email / email subcriber
pop up email biasanya digunakkan untuk website yang berorientasi profit atau untuk situs bisnis. sedangkan email subcriber lebih cocok untuk blog. anda bisa menambahkan sidebar ini berdasarkan tujuan dari blog anda.

9. trafiic widget
ini juga tidak kalah pentingnya dengan sidebar ini anda sebagai pemilik blog dapat mengetahui jumlah dari pengunjung blog anda. banyak website yang menawarkan widget traffic gratis untuk di pasang di bloa anda antara lain alexa.com, feedjit.com, rankwidget.com dan lainnya.

10. kotak pencarian
memudahkan bagi pembaca anda untuk menemukan konten lama melalui pencarian kata kunci dengan menempatkan kotak pencarian pada sidebar anda.

nah itulah 10 sidebar paling populer menurut versi saya,,,ini berdasarkan blog-blog yang ada di indonesia. setiap negara mempunyai widget pupoler tersendiri berdasarkan budaya dan tujuan dari blog atau website.

selamat belajar dan membaca !!!!
karena blog ini di buat oleh pemula untuk pemula jadi saran dan kritik anda akan sangat membantu.

Dapatkan atikel-artikel terbaru langsung ke email anda. Masukkan alamat email aktif anda :

Delivered by FeedBurner


jangan lupa baca atikel di bawah ini,,,



Comments :

5 comments to “10 item sidebar paling populer”

artikel gratis mengatakan...
on 

pertamax.....

boleh juga artikelnya..

Regi_Adi mengatakan...
on 

google friendconnect yg follower ngga termasuk ya?

Rizkyzone mengatakan...
on 

blog archive atau arsip blog : g tak pasang di blog q karena dah ada label

receny post / artikel terbaru : juga g tak pasang karena tampilan blog q di halaman utam sudah ada 3 kalau g 4

pop up email / email subcriber : juga g tak pasang, g penting kalau buat aq

trafiic widget : aq taruh di postinga cuma ada 2 alexa sama PR

kotak pencarian : dah bawaan dari template, paling juga jartang dan hampir g pernah di pakai, dah ada label

chat widget : sengaja g tak pasang karena aq masih kwalahan balesin komentar yg masuk, nanti pengunung yg cuma ninggalin jejak di buku tamu ngambek karena g bisa aq kunjungi balik

Mr.Jibe mengatakan...
on 

Mau Nanya gan, saya baru didunia blogger, gimana caranya buat Sidebar buat iklan yah, biar gak pisah2 gituh,
terima kasih om,,

Dekakaka mengatakan...
on 

makasih gan, sangat membantu.. :D
ini blog saya, masih awal2 gan hhe :D dekakaka.blogspot.com

Posting Komentar

blogging tidak ubahnya dunia offline, banyak hal yang harus anda pahami. jangan menerima suatu informasi dengan apa adanya. blogger yang maju selalu kritis terhadap apapun,,,salah satu caranya dengan berkomentar.

Blog Archive

Label

blogging (15) CSS (2) duit gratis (2) google (1) HTML (3) internet (11) paypal (2) seo tips (12) tema (3) tips n trik (1) tutorial blogging (28)